Sabtu, 05 Februari 2011

PRINSIP PROFESIONAL




             Pada kali ini saya akan membahas tentang beberapa hal yang membuat penampilan anda istimewa sebagai seorang penjual yang akan membuat sukses para bintang professional.
Untuk menjadikan anda bintang professional saat menjual maka lakukan beberapa hal yang telah di lakukan para bintang profesiaonal sebagai berikut:

  1. Buat menjadi mudah
buatlah mudah para pelanggan dan calon pelanggan anda agar mudah pelanggan anda mengatakan “ ya “. Apabila anda punya banyak formulir yang harus di isi, jadikan pelanggan anda mudah untuk mengisinya.

  1. Keduanya menang atau kalah
ini adalah prinsip pokaok dalam menjual. Penjual harus percaya bahwa penjualan bukan situasi anda menang dan pelanggan kalah.
Karena bila suatu transaksi di lakukan maka keduanya adalah pemenang dan sebaliknya bila transaksi tidak di lakukan maka keduanya kalah. Apabila anda percaya jika pelanggan setelah transaksi dengan anda kondisinya menjadi baik maka ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi secara luas dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan anda.

  1. Jangan punya prasangka
kita pasti tahu akan pentingnya kesan pertama, apabila anda bertemu dengan pelanggan pertama kali maka secara otomatis anda telah membentuk pendapat atas pelanggan anda di dalam pikirannya. Jangan meremehkan dan jangan terlalu berlebihan pada potensi pelanggan atau calon pelanggan anda.

  1. Jangan terperangkap dengan yang besar
ini adalah sering di lakukan oleh penjual yang mata hanya semua hanya dengan uang, mereka tidak mengejar frekuensi penjualan hanya mengejar yang besar saja.
Jangan korbankan waktu kita untuk mengejar yang besar dengan meniggalkan penjualan yang kecil namun bisa mengganti penghasilan yang besar. Padahal penjualan yang besar akan sama mudah dengan penjualan yang kecil. Dan penjualan yang besar hanya sedikit saja jumlahnya sehingga hasilnya besar.

  1. Mantapkan penjualan
kita harus tahu reaksi dari pelanggan atau calon pelanggan saat transaksi. Mereka telah putuskan membeli, telah memesan, atau sudah membayar. Tetapi dalam beberapa jam kemudian mereka akan bertanya pada diri sendiri.
Mungkin anda pernah mengalami sendiri, setelah anda beli sebuah pakaian kemudian anda melihat di toko lain ada pakaian yang sama namun dengan harga yang lebih murah sehingga ada keraguan dan menyesal telah membeli.
Sebagai seorang penjual yang professional maka hal yang harus anda lakukan dengan pelanggan atau calon pelanggan adalah katakan pada pelanggan atau calon pelanggan anda bahwa “ saya akan kembali untuk membicarakan rasa khawatir yang di rasakan pelanggan atau calon pelanggan anda. Dan itu lebih bijaksana dari pada mereka bicara dengan orang lain, sebab saya akan beri informasi untuk anda “.
Penjualan belum selesai sebelum barang yang kita jual dapat memberi kepuasan dan manfaat bagi pelanggan atau calon pelanggan.

  1. Rencanakan masing – masing hubungan
pada perjumpaan pertama dengan calon pelanggan mungkin sasaran pertam hanyalah menjalin hubungan. Dan penjualan dapat di lakukan dan di harapkan terjadi setelah itu. Yang pasti variasinya tergantung dari anda sendiri.
Jangan pernah bertemu dengan sikap “ nanti saja kita lihat apa yang terjadi”. Kalau hal ini terjadi, maka akan sangat membuat boros waktu anda dan calon pelanggan anda. Bila anda telah melakukan presentasi dan calon pelanggan anda menunda keputusan atas alasan tertentu, anda punya kewajiban melanjutkan dengan kontak telepon. Saat melakukan kontak dengan telepon berikan alas an mengapa anda menelepon dan jedikan semua menjadi mudah agar calon pelanggan anda dengan mudah mengatakan “ YA “.
Seoarang professional sejati tidak akan melakukan apa – apa sebelum punya rencana, sasaran, tujuan.

  1. Berlaku dapat dipercaya
seperti orang lain, maka seorang calon pelanggan akan lebih suka menjalin hubungan dengan orang yang dapat dipercaya, yang selalu mengerjakan apa yang anda katakan dan inginkan. Apabila anda akan mengantarkan pada waktu tertentu, asahakan untuk tepat waktu. Jangan berjanji bila anda tidak bisa menepati, jangan membesarkan ganti rugi yang tidak benar.

  1. promosikan yang lain
jika anda pernah memanggil tukang servis ke rumah untuk memperbaiki alat – alat rumah tangga anda, pasti dengan luar biasa akan mengatakan jelek penjual mesin anda atau mengatakan bahwa model alat yang anda beli tidak baik. Begitu juga anda sebagai penjual yang baik tentu mempunyai cara yang baik untuk menawarkan produk yang lain tanpa harus menjatuhkan yang lain.

  1. Jadikan diri anda selalu di ingat
kembangkan gaya unik anda. Lakukan segala sesuatu yang akan selalu diingat oleh calon pelanggan atau pelanggan anda. Ucapkan terima kasih kepada pelanggan dan calon pelanggan.

  1. Jangan duduk di ruang tunggu
ini mungkin tidak biasa karena jelas bahwa kursi di ruang tunggu untuk duduk. Tapi anda anda adalah professional. Anda akan menemukakn bahwa duduk akan membuat pudar rencana dan persiapan anda. Posisi anda tidak enak bila pelanggan datang kepada anda karena anda harus berdiri. Selalu usahakan anda berdiri di ruang tunggu  dan dengan sopan tolaklah  perintah dan tawaran untuk duduk di ruang tunggau, dengan demikian anda akan tetap terkendali dan percaya diri untuk bertemu dengan calon pelanggan anda.

Semoga Bermanfaat Selamat Bekerja...........